• MTS AL-FAKHRIYAH BATURAJA
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

Guru madrasah menerapkan kurikulum prototipe

MTSALFAKHRIYAHBTA.PONPES.ID. Guru madrasah harus mengubah mindset dan cara pandang saat pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikkan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, ketika memberikan Pembinaan pada pembekalan Guru dan Tendik untuk Kepala Madrasah jenjang RA, MI, MTs dan MA di Balikpapan, seperti dikutip inimadrasah.com Senin (31/1/2022).

Menurut Zain terkait kebijakan Kemendikbud yang lagi mengeluarkan gagasan kurikulum prototipe harus segera direspon dengan baik oleh guru madrasah. Karena, kurikulum ini lebih luwes dan mempertegas peran guru sebagai pendidik profesional. “Guru wajib mempersiapkan diri untuk mendesain pembelajaran yang membebaskan dan juga sesuai dengan minat siswa. Guru juga wajib bertindak sebagai sahabat siswa,” papar M. Zain melanjutkan.

Hal lain yang perlu ditekankan adalah urgensi peran guru dalam membentuk karakter dan sifat baik para siswa di tengah-tengah membludaknya berita dan informasi yang sulit difilter di media sosial. Di sisi lain, ada hal yang perlu mendapat perhatian yaitu anak-anak sekarang banyak menderita adiksi atau kecanduan smartphone. Terkait hal itu, tidak kalah penting adalah peran orang tua dalam mengontrol anak-anaknya. Di samping guru, orang tua juga harus berperan aktif dalam pembangunan akhlakul karimah anak.

Sifat Kurikulum Prototipe

Kurikulum Prototipe sebagai kurikulum simplikasi atau yang disederhanakan sebagai opsi tambahan untuk diaplikasikan oleh satuan pendidikan pada tahun ajaran 2022/2023. Semua lembaga pendidikan dihadapkan pada dua pilihan yaitu penggunaan Kurikulum 2013 atau Kurikulum Prototipe. Tentu saja harapannya adalah bisa terlaksana pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa dan memberi space yang luas akan perkembangan karakter dan juga kompetensi dasar peserta didik. 

Pemberlakuan Kurikulum Prototipe akan menciptakan pembelajaran yang cocok dengan kemampuan siswa. Kurikulum ini juga diharapkan dapat menyajikan space lebih lebar pada upaya pengembangan karakter dan juga kompetensi.

Tiga karakter utama Kurikulum

Ada tiga karakter utama Kurikulum Prototipe. ketiganya adalah sebagai berikut:

Pertama, pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skill dan karakter (iman, takwa, akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, dan kreativitas).

Kedua, fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Ketiga, fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa atau teach at the right level dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Terkait langkah-langkah implementasi Kurikulum Prototipe di madrasah, ada enam tahapan yang harus diperhatikan, yaitu:

Pertama, sesuai konteks dan karakteristik madrasah.

Kedua, penerapan secara terbatas pada setiap tingkat RA, MI, MTs, dan MA di setiap provinsi.

Ketiga, disiapkan regulasi yang longgar sebagai penguatan KMA 184 Tahun 2019.

Keempat, pemberdayaan Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan Pengawas untuk mengawal penjaminan mutu implementasi kurikulum Prototipe di madrasah.

Kelima, perlu penyesuaian kebijakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) secara terbatas pada pelaksana Kurikulum Prototipe terkait implementasi Simpatika dan perangkat administrasi lainnya.

Dan keenam, penguatan pelaksanaan supervisi pembelajaran sesuai KMA 634 Tahun 2021.

Komentar

Semoga dapat membantu

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022

Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka

28/05/2022 09:57 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 470 kali
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb

11/05/2022 12:38 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 313 kali
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022

Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs

11/05/2022 08:26 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 318 kali
PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BLANGKO IJAZAH MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan

28/04/2022 09:39 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 518 kali
KMA No. 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 mengamanatkan bahwa Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta did

26/04/2022 20:52 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 13299 kali
Lampiran SK Penerima PIP Tahap 1 Tahun 2022 Jenjang MI

Kemenag Mulai Cairkan Rp336 M Dana Bantuan PIP Madrasah - Kementerian Agama mulai mencairkan dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) madrasah tahap I. Direktur Kurikulum

26/04/2022 11:40 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 2084 kali
Bertahap, Rp1,3 T Dana BOS Madrasah Tahap I Bisa Dicairkan

Jakarta - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah tahap I untuk tahun anggaran 2022 sudah bisa dicairkan. Proses pencairan ini masih berlangsung untuk 16.260 madrasah dengan tot

24/04/2022 21:55 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 317 kali
SURAT EDARAN OPTIMALISASI LAYANAN SIMPATIKA TAHUN 2022

Dalam rangka mewujudkan akses transformasi digital bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mengoptimalisas

22/04/2022 17:35 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 778 kali
sosialisasi Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan

22/04/2022 13:46 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 490 kali
Buku Digital Madrasah

Buku Digital Madrasah MI MTs dan MA atau MAK dipersiapkan Kemenag RI melalui Direktorat KSKK Madarsah guna penerapan Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Madrasa

18/04/2022 14:05 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 478 kali