Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022
Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022 – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022, perlu dilakukan koordinasi dan sosialisasi kebijakan dan mekanismen pelaksanaanya kepada Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Kegiatan ini dilaksanakan untuk omastikan kesiapan daerah dalam mempersiapkan dan melaksanakan Asesmen Nasional Tahun 2022
Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) yang merupakan satuan kerja pada Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi memiliki tugas untuk menyiapkan bahan, sistem ujian, dan implementasi Asesmen Nasional. Salah satu bentuk persiapan pelaksanaan adalah melakukan rapat koordinasi dengan pelaksana Asesmen Nasional di daerah. Kegiatan rapat koordinasi ini melibatkan unsur BSKAP Kemendikbudsstek, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama,
Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022
Selanjutnya agar pelaksanaan kegiatan rapat koorsinasi dapat berjalan lancar dan mencapai rajzza sebagaimana diharapkan, maka perlu disusun buku panduan kegiatan Panduan kegiatan ini merupakan dokumen yang diperlukan oleh panitia pelaksana dan peserta kegiatan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan. Buku Panduan Kegiatan ini disusun untuk memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilaksanakan beserta rambu-rambu kegiatan yang harus diperhatikan oleh panitia dan peserta kegiatan. Secara khusus panduan kegiatan ini berisi tentang latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, materi, waktu dan tempat pelaksanaan, panitia pelaksana, peserta kegiatan, dan jadwal acara.
Dengan adanya panduan kegiatan ini, diharapkan kegiatan rapat koordinasi dapat berjalan sesuai dengan harapan dan seluruh peserta mendapatkan informasi yang jelas tentang pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022. Selanjutnya panitia pusat dan daerah dapat mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 dengan baik.
Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) sebagai institusi yang memiliki misi dalam bidang men dan pembelajaran mempunyai tugas untuk mengembangkan model asesmen du mbelajaran serta menyelenggarakan asesmen pendidikan secara nasional. Salah satu mode eesmen yang sedang dikembangkan saat ini adalah Asesmen Nasional yang ditujukan untuk mengukur aspek kognitif dan non-kognitif.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM merupakan instrumen untuk menguku aspek kognitif peserta didik yaitu kernampuan literasi membaca dan numerasi. Sedangkan Survey Karakter ditujukan untuk mengukur aspek non-kogniuf peserta didik dan Survey Lingkungan Belajar ditujukan untuk mengukur aspek non-koginitf berdasarkan perspekuf peserta didik, guru dan kepala sekolah.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional, moda yang sedang dipersiapkan adalah moda asesmen berbasis komputer daring (online) dan semi daring (semi-online). Salah satu keunggulan moda berbasis komputer adalah asesmen dapat dilaksanakan secara obyektif, yaitu ujian yang benar-benar dapat mengukur kemampuan siswa. Di samping itu peluang untuk terjadinya kecurangan (kebocoran kunci jawaban) dapat diminimalisir, disamping efisiensi dalam pelaksanaannya.
Direncanakan Asesmen Nasional dilaksanakan mulai tahun 2022 bagi seluruh satuz pendidikan setiap jenjangnya (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK sederajat). namun untuk peserta didik akan dipilih secara sampling di setiap satuan pendidikan. Day melihat implementasi Asesmen Nasional dilakukan secara masal di setiap satuan pendidikan di Indonesia, maka perlu kiranya dipersiapkan langkah-langkah terukur dalam pelaksanaannya.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah verifikasi kesiapan satuan pendidikan, SDM, dan sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa kebijakan yang dapat dilakukan seperti penambahan sarana komputer, berbagi sumber daya (resource sharing), pelatihan proktor, dan penyiapan siswa merupakan kunci keberhasilan pelakasanaan Asesmen Nasional di tingkat sekolah/madrasah.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
POS Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024
A. Latar Belakang Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap standar kompetensi lu
Kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tengah menyusun Kisi-Kisi Asesmen Madrasah (AM) pada MI, MTs, MA/MAK. Hal ini terlaksana pada kegiatan yang diselenggara
10 ALASAN ANDA MASUK PONDOK PESANTREN
Pondok pesantren merupakan tempat yang indah sekaligus horor untuk menuntut ilmu. Menjadi indah karena lingkungan untuk belajar sangat mendukung. Suasananya selalu sejuk karena hati sel
Aturan Baru SNPMB 2024
Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 telah diluncurkan dan diumumkan Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2024 bertempat di Jakarta pada h
Juknis PIP Madrasah Tahun 2024
Latar Belakang Program Indonesia Pintar (PIP) PIP merupakan inisiatif luar biasa dari Kementerian Agama Indonesia, yang bertujuan memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak
Hari Hibur Nasional 2024
KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2024 TENTANG HARI-HARI LIBUR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : bahwa penga
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2023
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs