• MTS AL-FAKHRIYAH BATURAJA
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

POS Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024

A. Latar Belakang

Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan (SKL) yang ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi: 1) Penilaian Formatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemajuan atau keberhasilan pembelajaran; 2) Penilaian Sumatif yaitu penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Penilaian Sumatif dapat dilakukan pada akhir semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Penilaian sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan disebut Asesmen Madrasah, yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensu peserta didik pada akhir jenjang pendidikan. Dalam tujuannya tersebut asesmen madrasah juga dapat berfungsi sebagai indikator capaian perkembangan peserta didik, pemberian umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran; dan sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan.
 
Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun lokal. Asesmen Madrasah diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
 
Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasagh sebagai panduan bagi guru, kepala madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah.
 

B. Maksud dan Tujuan

Prosedur Operasional Standar Asesmen Madrasah dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosedur Operasional Standar Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan.

C. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Prosedur Operasional Standar Asesmen Madrasah meliputi: tugas dan kewenangan, prosedur pelaksanaan, kriteria kelulusan, pembiayaan, prosedur pemantauan, evaluasi, dan pelaporan asesmen madrasah, serta panduan penyusunan soal asesmen madrasah.

Selengkapnya untuk download POS Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

 

Komentar

belajar

belajar

Belajar

Belajar

Belajar

Belajar

Belajar

Belajar

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tengah menyusun Kisi-Kisi Asesmen Madrasah (AM) pada MI, MTs, MA/MAK. Hal ini terlaksana pada kegiatan yang diselenggara

03/02/2024 09:43 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 2934 kali
10 ALASAN ANDA MASUK PONDOK PESANTREN

Pondok pesantren merupakan tempat yang indah sekaligus horor untuk menuntut ilmu. Menjadi indah karena lingkungan untuk belajar sangat mendukung. Suasananya selalu sejuk karena hati sel

03/02/2024 09:36 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 3091 kali
Aturan Baru SNPMB 2024

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 telah diluncurkan dan diumumkan Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2024 bertempat di Jakarta pada h

01/02/2024 12:02 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 463 kali
Juknis PIP Madrasah Tahun 2024

Latar Belakang Program Indonesia Pintar (PIP) PIP merupakan inisiatif luar biasa dari Kementerian Agama Indonesia, yang bertujuan memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak

01/02/2024 10:12 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 4445 kali
Hari Hibur Nasional 2024

KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2024 TENTANG HARI-HARI LIBUR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,   Menimbang : bahwa penga

01/02/2024 10:12 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 511 kali
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2023

Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka

18/04/2023 15:24 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 3525 kali
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022

Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka

28/05/2022 09:57 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 2604 kali
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb

11/05/2022 12:38 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1382 kali
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022

Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs

11/05/2022 08:26 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1589 kali
PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BLANGKO IJAZAH MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan

28/04/2022 09:39 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 2681 kali