Guru madrasah menerapkan kurikulum prototipe
MTSALFAKHRIYAHBTA.PONPES.ID. Guru madrasah harus mengubah mindset dan cara pandang saat pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikkan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, ketika memberikan Pembinaan pada pembekalan Guru dan Tendik untuk Kepala Madrasah jenjang RA, MI, MTs dan MA di Balikpapan, seperti dikutip inimadrasah.com Senin (31/1/2022).
Menurut Zain terkait kebijakan Kemendikbud yang lagi mengeluarkan gagasan kurikulum prototipe harus segera direspon dengan baik oleh guru madrasah. Karena, kurikulum ini lebih luwes dan mempertegas peran guru sebagai pendidik profesional. “Guru wajib mempersiapkan diri untuk mendesain pembelajaran yang membebaskan dan juga sesuai dengan minat siswa. Guru juga wajib bertindak sebagai sahabat siswa,” papar M. Zain melanjutkan.
Hal lain yang perlu ditekankan adalah urgensi peran guru dalam membentuk karakter dan sifat baik para siswa di tengah-tengah membludaknya berita dan informasi yang sulit difilter di media sosial. Di sisi lain, ada hal yang perlu mendapat perhatian yaitu anak-anak sekarang banyak menderita adiksi atau kecanduan smartphone. Terkait hal itu, tidak kalah penting adalah peran orang tua dalam mengontrol anak-anaknya. Di samping guru, orang tua juga harus berperan aktif dalam pembangunan akhlakul karimah anak.
Sifat Kurikulum Prototipe
Kurikulum Prototipe sebagai kurikulum simplikasi atau yang disederhanakan sebagai opsi tambahan untuk diaplikasikan oleh satuan pendidikan pada tahun ajaran 2022/2023. Semua lembaga pendidikan dihadapkan pada dua pilihan yaitu penggunaan Kurikulum 2013 atau Kurikulum Prototipe. Tentu saja harapannya adalah bisa terlaksana pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa dan memberi space yang luas akan perkembangan karakter dan juga kompetensi dasar peserta didik.
Pemberlakuan Kurikulum Prototipe akan menciptakan pembelajaran yang cocok dengan kemampuan siswa. Kurikulum ini juga diharapkan dapat menyajikan space lebih lebar pada upaya pengembangan karakter dan juga kompetensi.
Tiga karakter utama Kurikulum
Ada tiga karakter utama Kurikulum Prototipe. ketiganya adalah sebagai berikut:
Pertama, pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skill dan karakter (iman, takwa, akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, dan kreativitas).
Kedua, fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
Ketiga, fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa atau teach at the right level dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Terkait langkah-langkah implementasi Kurikulum Prototipe di madrasah, ada enam tahapan yang harus diperhatikan, yaitu:
Pertama, sesuai konteks dan karakteristik madrasah.
Kedua, penerapan secara terbatas pada setiap tingkat RA, MI, MTs, dan MA di setiap provinsi.
Ketiga, disiapkan regulasi yang longgar sebagai penguatan KMA 184 Tahun 2019.
Keempat, pemberdayaan Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan Pengawas untuk mengawal penjaminan mutu implementasi kurikulum Prototipe di madrasah.
Kelima, perlu penyesuaian kebijakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) secara terbatas pada pelaksana Kurikulum Prototipe terkait implementasi Simpatika dan perangkat administrasi lainnya.
Dan keenam, penguatan pelaksanaan supervisi pembelajaran sesuai KMA 634 Tahun 2021.
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
POS Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024
A. Latar Belakang Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap standar kompetensi lu
Kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tengah menyusun Kisi-Kisi Asesmen Madrasah (AM) pada MI, MTs, MA/MAK. Hal ini terlaksana pada kegiatan yang diselenggara
10 ALASAN ANDA MASUK PONDOK PESANTREN
Pondok pesantren merupakan tempat yang indah sekaligus horor untuk menuntut ilmu. Menjadi indah karena lingkungan untuk belajar sangat mendukung. Suasananya selalu sejuk karena hati sel
Aturan Baru SNPMB 2024
Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 telah diluncurkan dan diumumkan Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2024 bertempat di Jakarta pada h
Juknis PIP Madrasah Tahun 2024
Latar Belakang Program Indonesia Pintar (PIP) PIP merupakan inisiatif luar biasa dari Kementerian Agama Indonesia, yang bertujuan memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak
Hari Hibur Nasional 2024
KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2024 TENTANG HARI-HARI LIBUR DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : bahwa penga
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2023
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs


Semoga dapat membantu