• MTS AL-FAKHRIYAH BATURAJA
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

Hasil Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021

MTSALFAKHRIYAHBTA.PONPES.ID. Hasil Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, mengahasilkan beberapa catatan:

Highlight Isu-isu Kritis AN Tahun 2021

1.Sosialisasi POS AN dinilai terlambat

2.Tidak semua satuan pendidikan memahami pentingnya AN

3.Kendala jaringan internet yang belum memadai untuk moda pelaksanaan AN full online di beberapa daerah

4.Minimnya sarana dan prasarana pada satuan pendidikan di beberapa daerah

5.Minimnya anggaran pelaksanaan AN

6.Pendataan AN melalui Verval TIK dinilai kurang efisien dan efektif

7.Kesulitan mobilisasi siswa bagi sekolah yang menumpang

Rencana Pelaksanaan AN 2022

  • Kebijakan dan Mekanisme Pelaksanaan AN Tahun 2022 tidak mengalami perubahan
  • Pelaksanaan AN Tahun 2022 dilaksanakan mulai pekan ke 4 Agustus s.d. pekan ke 1 November
  • Terdapat tambahan waktu pelaksanaan AN untuk kesetaraaan di hari sabtu dan minggu pada pekan yang sama (sesuai jenjang)
  • Pelaksanaan AN jenjang SLB dibuat terpisah dari jenjang reguler yang akan dilaksanakan pada pekan ke 4 bulan September (bersamaan dengan AN jenjang SMP sederajat)
  • Terdapat perubahan waktu pelaksanaan AN untuk jenjang SD sederajat
  • Waktu pelaksanaan semula dimulai pukul 08.00 menjadi 07.30
  • Jumlah sesi di setiap gelombang semula 2 sesi menjadi 3 sesi
  • Waktu latihan semula 60 menit menjadi 15 menit
  • Pusat tidak melaksanakan pelatihan ToT Tim Teknis Kabupaten/Kota

Point Penting Pelaksanaan Asesmen Nasional

  • Gotong royong dalam persiapan dan pelaksanan AN
  • Pusat menyiapkan sistem pelaksanaan, dukungan dana seperti tahun 2021
  • Pemda melakukan koordinasi, fasilitasi (sarana, prasarana, SDM) untuk memastikan pelaksanaan AN lancar
  • Perlunya update data satuan pendidikan
  • Perlunya kelengkapan data AN satuan pendidikan
  • Mengupayakan peserta didik sampel terpilih mengikuti AN secara lengkap
  • Memastikan kepala satuan pendidikan dan pendidik mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar
  • Mekanisme pelaksanaan memberi informasi yang valid
  • Pengawasan silang
  • Ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, Kantor Wilayah Provinsi Kemenag, Dinas Pendidikan Kabupaten/kota, atau Kantor Kemenag Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya

Untuk file lengkap tentang Hasil Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021dan Rencana Asesmen Nasional Tahun 2022 bisa di download pada tombol dibawah ini.

==================== Unduh disini ===========================

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2023

Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka

18/04/2023 15:24 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1373 kali
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022

Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka

28/05/2022 09:57 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 2020 kali
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb

11/05/2022 12:38 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 991 kali
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022

Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs

11/05/2022 08:26 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1149 kali
PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BLANGKO IJAZAH MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan

28/04/2022 09:39 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1995 kali
KMA No. 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 mengamanatkan bahwa Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta did

26/04/2022 20:52 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 59941 kali
Lampiran SK Penerima PIP Tahap 1 Tahun 2022 Jenjang MI

Kemenag Mulai Cairkan Rp336 M Dana Bantuan PIP Madrasah - Kementerian Agama mulai mencairkan dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) madrasah tahap I. Direktur Kurikulum

26/04/2022 11:40 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 4220 kali
Bertahap, Rp1,3 T Dana BOS Madrasah Tahap I Bisa Dicairkan

Jakarta - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah tahap I untuk tahun anggaran 2022 sudah bisa dicairkan. Proses pencairan ini masih berlangsung untuk 16.260 madrasah dengan tot

24/04/2022 21:55 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 941 kali
SURAT EDARAN OPTIMALISASI LAYANAN SIMPATIKA TAHUN 2022

Dalam rangka mewujudkan akses transformasi digital bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mengoptimalisas

22/04/2022 17:35 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1935 kali
sosialisasi Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan

22/04/2022 13:46 - Oleh Aslim Asman - Dilihat 1350 kali