
Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022
Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022 – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022, perlu dilakukan koordinasi dan sosialisasi kebijakan dan mekanismen pelaksanaanya kepada Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Kegiatan ini dilaksanakan untuk omastikan kesiapan daerah dalam mempersiapkan dan melaksanakan Asesmen Nasional Tahun 2022
Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) yang merupakan satuan kerja pada Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi memiliki tugas untuk menyiapkan bahan, sistem ujian, dan implementasi Asesmen Nasional. Salah satu bentuk persiapan pelaksanaan adalah melakukan rapat koordinasi dengan pelaksana Asesmen Nasional di daerah. Kegiatan rapat koordinasi ini melibatkan unsur BSKAP Kemendikbudsstek, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama,
Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksaan ANBK Tahun 2022
Selanjutnya agar pelaksanaan kegiatan rapat koorsinasi dapat berjalan lancar dan mencapai rajzza sebagaimana diharapkan, maka perlu disusun buku panduan kegiatan Panduan kegiatan ini merupakan dokumen yang diperlukan oleh panitia pelaksana dan peserta kegiatan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan. Buku Panduan Kegiatan ini disusun untuk memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilaksanakan beserta rambu-rambu kegiatan yang harus diperhatikan oleh panitia dan peserta kegiatan. Secara khusus panduan kegiatan ini berisi tentang latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, materi, waktu dan tempat pelaksanaan, panitia pelaksana, peserta kegiatan, dan jadwal acara.
Dengan adanya panduan kegiatan ini, diharapkan kegiatan rapat koordinasi dapat berjalan sesuai dengan harapan dan seluruh peserta mendapatkan informasi yang jelas tentang pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022. Selanjutnya panitia pusat dan daerah dapat mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 dengan baik.
Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) sebagai institusi yang memiliki misi dalam bidang men dan pembelajaran mempunyai tugas untuk mengembangkan model asesmen du mbelajaran serta menyelenggarakan asesmen pendidikan secara nasional. Salah satu mode eesmen yang sedang dikembangkan saat ini adalah Asesmen Nasional yang ditujukan untuk mengukur aspek kognitif dan non-kognitif.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM merupakan instrumen untuk menguku aspek kognitif peserta didik yaitu kernampuan literasi membaca dan numerasi. Sedangkan Survey Karakter ditujukan untuk mengukur aspek non-kogniuf peserta didik dan Survey Lingkungan Belajar ditujukan untuk mengukur aspek non-koginitf berdasarkan perspekuf peserta didik, guru dan kepala sekolah.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional, moda yang sedang dipersiapkan adalah moda asesmen berbasis komputer daring (online) dan semi daring (semi-online). Salah satu keunggulan moda berbasis komputer adalah asesmen dapat dilaksanakan secara obyektif, yaitu ujian yang benar-benar dapat mengukur kemampuan siswa. Di samping itu peluang untuk terjadinya kecurangan (kebocoran kunci jawaban) dapat diminimalisir, disamping efisiensi dalam pelaksanaannya.
Direncanakan Asesmen Nasional dilaksanakan mulai tahun 2022 bagi seluruh satuz pendidikan setiap jenjangnya (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK sederajat). namun untuk peserta didik akan dipilih secara sampling di setiap satuan pendidikan. Day melihat implementasi Asesmen Nasional dilakukan secara masal di setiap satuan pendidikan di Indonesia, maka perlu kiranya dipersiapkan langkah-langkah terukur dalam pelaksanaannya.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah verifikasi kesiapan satuan pendidikan, SDM, dan sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa kebijakan yang dapat dilakukan seperti penambahan sarana komputer, berbagi sumber daya (resource sharing), pelatihan proktor, dan penyiapan siswa merupakan kunci keberhasilan pelakasanaan Asesmen Nasional di tingkat sekolah/madrasah.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2023
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
JUKNIS KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2022
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu aka
Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahap 1 Tahun 2022
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nomor: HBK.GVP/GP3/GVPM3.203/2022 tanggal 10 Mei 2022 perihal Hasil Pemb
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022
Verifikasi dan Validasi Ulang Data Siswa Penerima PIP Madrasah Aliyah (MA) Tahap 1 Tahun 2022 - Dengan hormat kami sampaikan, merujuk surat dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.&nbs
PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BLANGKO IJAZAH MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan
KMA No. 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 mengamanatkan bahwa Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta did
Lampiran SK Penerima PIP Tahap 1 Tahun 2022 Jenjang MI
Kemenag Mulai Cairkan Rp336 M Dana Bantuan PIP Madrasah - Kementerian Agama mulai mencairkan dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) madrasah tahap I. Direktur Kurikulum
Bertahap, Rp1,3 T Dana BOS Madrasah Tahap I Bisa Dicairkan
Jakarta - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah tahap I untuk tahun anggaran 2022 sudah bisa dicairkan. Proses pencairan ini masih berlangsung untuk 16.260 madrasah dengan tot
SURAT EDARAN OPTIMALISASI LAYANAN SIMPATIKA TAHUN 2022
Dalam rangka mewujudkan akses transformasi digital bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mengoptimalisas
sosialisasi Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022
Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercan